Website berisi artikel dan kumpulan tulisan ttg manajemen operasional dalam bahasa Indonesia

Thursday, May 19, 2005

Tools for Success

Book Review
Tools for Success, Acuan Konsep Manajemen Bagi Manajer dan Praktisi Lainnya

Judul Asli: Tools for Success: A Manager’s Guide, by Dr. Suzanne Turner
Diterbitkan di Indonesia oleh Penerbit PT. Bhuana Ilmu Populer
  1. Pernahkah Anda sebagai seorang praktisi bisnis, baik wirausaha maupun karyawan perusahaan, merasa kesulitan untuk mencari alat bantu yg tepat utk menyelesaikan suatu masalah?
  2. Atau pernahkah Anda mendengar istilah-istilah seperti Critical Path Analysis, Histogram, Product Life-Cycle, External Analysis, dsb dan Anda merasa bingung, tidak tahu binatang apakah gerangan yg sedang dibicarakan?
  3. Atau pernahkah Anda diberi tahu mengenai keberadaan suatu alat yg bisa digunakan utk menyelesaikan suatu hal, tapi Anda tidak punya gambaran ttg alat tsb?
Jika Anda menjawab ya utk 1 diantara 3 pertanyaan di atas, mungkin buku ini bisa membantu Anda.

Buku setebal 401 halaman ini bukanlah jenis buku yg harus dibaca dari awal sampai akhir, tetapi cukup dibaca bab per bab atau bagian per bagian. Dalam buku ini Anda bisa mendapatkan daftar alat bantu yg biasa digunakan oleh manajemen (dalam bahasa Indonesia) seperti Daur perubahan, Analisis pesaing, Kipas konsep, Siklus perbaikan, (Analisa) Pengaruh dan kontrol, dan 89 alat bantu lainnya yg berhubungan dgn strategi bisnis, penjualan dan pemasaran, manufacturing, rantai konsumen, kualitas, desain dan teknologi informasi.

Setiap alat bantu dijelaskan secara terstruktur berdasarkan judul, kapan menggunakannya, hasil yg Anda dapatkan, waktu yg dibutuhkan (utk menggunakannya), jumlah orang yg dibutuhkan, perlengkapan, metode, contoh, latihan, poin-poin kunci, komentar tambahan dan informasi lainnya. Penulis mencoba meringkas semua informasi penting yg bisa menjelaskan setiap alat bantu dalam 1-2 halaman, lengkap dgn contoh formatnya.

Hal lain yg memudahkan, si penulis membuatkan matriks jenis proyek (area permasalahan; misalnya penjualan dan pemasaran, strategi bisnis, dsb) utk setiap tahapan bisnis (penentuan sasaran, analisis situasi, membuat pilihan, penentuan pilihan, implementasi perubahan, dan pengawasan & pengkajian). Matriks ini akan memudahkan Anda dalam menentukan alat bantu mana yg Anda butuhkan utk area manufacturing di tahap penentuan sasaran.

Mudahnya, jika Anda seorang production manager yg dituntut utk melakukan perbaikan di departemen Anda, maka utk penentuan sasaran Anda bisa memilih satu diantara alat bantu no. 2, 9, 36, 42, 43, 45, 46, 50, 75, 81, 85, 87 dan 91. Secara lengkap, panduan menggunakan buku ini juga dijelaskan di bagian awal buku.

Walaupun demikian, seiring dgn kesederhanaan yg diberikan buku ini dalam menjelaskan setiap alat bantu, ketika Anda mencoba 1-2 alat bantu dan menemukan kesulitan pd saat praktek, maka sudah waktunya Anda meninggalkan buku ini dan beralih ke judul buku yg direferensikan atau buku-buku lain yg biasanya ditujukan utk program MBA. Buku ini tidak bisa menjelaskan secara detil apa saja yg harus disiapkan dan apa yg harus dilakukan jika menemukan masalah pd saat menggunakan alat bantu.

Sekali lagi, hal yg istimewa dari buku ini adalah kesederhanaan, struktur penjelasan yg memadai, dan ditambah contoh format dari setiap alat bantu. 3 hal ini akan sangat membantu Anda yg ingin mengenali alat bantu apa saja yg sesungguhnya ada dan bisa Anda pergunakan.

No comments: